Sanggar Seni RKBM CImahi

Sanggar Seni RKBM

Kotak Pencarian

Rumah Kreatif Bunda Mei Headline Animator

Wednesday 20 June 2012

MeNjAdI PrIbAdI YaNg K-R-E-A-T-I-F ....


 Kreatifitas jangan dikekang ! ... 

 

Yah jika Anda mengekang / membatasi kreasi anda maka anda sama saja membunuh diri anda sendiri.

Biarkan dia mengalir kedalam otak anda, jika dia (kreatifitas) hadir tangkap dan gambarkan pada buku perencanaan anda. Biarkan buku perencanaan anda dipenuhi oleh tulisan - tulisan kreatif anda, suatu saat nanti pada saat anda terbentur masalah buka buku perencanaan anda.

Kreatifitas mendorong kita untuk berbuat dan bertindak. Tapi ingat kreatif tanpa aksi = 0. No Action No Game. Jadi bagaimana kita bisa merasakan permainannya jika kita tidak ada aksi.

Ingat hukum fisika aksi dan reaksi, yah sama persis kurang lebihnya. Kreatifitas itu muncul tanpa perencanaan biasanya. Jika kita melihat sesuatu yang berada dipinggir jalan atau pada saat kita sedang menunggu lampu hijau pada perempatan jalan disitu pula biasanya kreatifitas lahir.

Dia lahir ditempat - tempat yang tidak pernah kita duga. Simpan dan ingat, begitu kita bisa mencatat,  catatlah semua visual yang sempat keluar pada saat saat dimana  kita mendapatkan ide yang kreatif. Saya baru menemukan hobi baru yaitu hunting semua sudut - sudut kota baik yang indah maupun suram.

Saya ingin berjalan kesemua plosok untuk mengeluarkan ide - ide yang saya butuhkan. Tidak harus mengeluarkan biaya banyak, kita cukup menikmati minuman softdrink atau mampir diwarung - warung kopi terdekat untuk bisa melihat lebih dekat.

Libur panjang kemarin saya berbincang dengan supir taksi yang saya naiki. Saya menanyakan alasan dan  suka - duka mereka membawa taksi. Saya melihat system yang dibuat oleh Perusahaan Taksi, Saya melihat satu profesi yang memang menjanjikan kesejahteraan si pengemudi, saya melihat semangat supir itu menceritakan pengalaman mereka sampai kita kelewatan untuk belok kearah yang ingin saya tuju. Disanalah biasanya melahirkan satu kreatifitas lewat refleksi si supir taksi tersebut.

Mencari ide tidak harus didepan artwork, meja, kantor, rapat pimpinan, dsb. Ide kreatifitas itu lahir pada saat kita tidak dalam keadaan tertekan secara mental. Ide itu biasanya hadir pada saat pandangan kita bisa jauh menerawang keatas sana, ide itu juga bisa lahir saat kita berbincang dengan orang yang baru kita kenal, dengan melihat hasil karya orang lain dan hal - hal lain dimana kita merasakan satu kebebasan yang penuh. Jika ide yang datang pada saat tertekan ide adalah ide standard untuk menyelesaikan masalah itu saja, Bukan ide yang luas.

Ide Kreatifitas itu sangat indah tidak bisa kita rencanakan ide kreatif itu tiba, maka jika dia datang maka tangkaplah dengan sempurna. 
(sumber: ariefabian.blogspot.com)
 
Tips menjadi anak kreatif dan memiliki ide-ide kreatif terdapat cara unik yang sudah saya lakukan. Yap benar yaitu "nyanyi di kamar mandi". Namun, dibalik itu semua semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif walau usaha kreatif tidak cukup hanya dengan nyanyi di kamar mandi semoga kita semua bisa menjadi seorang kreatif :

Berikut ini adalah 33 cara menjadi pribadi yang kreatif tersebut :
  1. Make list / Membuat Rincian
  2. Carry notebook everywhere / Bawa catatan kemanapun
  3. Try free writing / Mencoba Menulis bebas atau mengarang
  4. Get away from computer /
  5. Take breaks /
  6. Sing in the shower (ini yang paling penting)
  7. Drink Coffee / minum kopi biar dapet inspirasi
  8. Listen to new music / dengerin music baru
  9. Be Open / terbuka
  10. Surround yourself with creative people / berkumpul sama orang2 yang kreatif
  11. Get feedback /
  12. Collaborate / berkolaborasi
  13. Don’t give up /
  14. Practice, practice. Practice / praktek, praktek dan praktek!
  15. Take risks / Mau ambil Resiko’
  16. Stop to trying to be someone else’s  perfect
  17. Go somewhere new
  18. Do more of what makes you happy
  19. Get lost of rest
  20. Count your blessings
  21. Break the rules
  22. Don’t force it
  23. Read a page of dictionary
  24. Create a framework
  25. Allow yourself to make mistakes
  26. Got an idea? Write ir down
  27. Clean your workplace
  28. Have fun
  29. Finish something
  30. Be otherworldly
  31. Know your roots
  32. Quit beating yourself up
  33. Watch foreign film

No comments: