Sanggar Seni RKBM CImahi

Sanggar Seni RKBM

Kotak Pencarian

Rumah Kreatif Bunda Mei Headline Animator

Friday 23 January 2015

Otak sebagai Hardware Komputer Hayati

Manusia adalah “komputer hayati” yang terdiri dari otak sebagai Hardware-nya dan pikiran serta perasaan sebagai software-nya. Sedangkan hati nurani yang melekat di jantung adalah operating system-nya. Lalu hardisk-nya berupa informasi bawah sadar yang berupa tempat rekaman informasi yang bertempat di seluruh sel tubuh manusia.


Otak merupakan bagian sentral dari fungsi dasar vital pada manusia. Kerusakan pada otak, akan sangat mengganggu aktivitas bagi penderitanya. Otak, merupakan pusat memori, kognitif, emosi, dan semua jenis perasaan dan kognisi. Kualitas otaklah yang membedakan kualitas individu itu sendiri.
Walaupun otak merupakan satu kesatuan yang menyatu, tetapi dapat dibagi menjadi otak kanan dan otak kiri yang mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda.
Dualisme otak kiri dan otak kanan
Dualisme otak manusia terefleksi pada otak kita yang terbelah dengan kedua sisinya dalam dua struktur yang berlawanan. Perbedaan tersebut diperparah oleh kenyataan bahwa rata-rata orang umunya memiliki ketidakseimbangan pada dua sisi otaknya.
Para ilmuwan sudah menemukan bahwa otak dibagi dalam dua ruang yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedia belah otak tersebut ternyata memiliki karakter berpikir yang berbeda. Otak kiri memiliki karakter berpikir analitis, logis, sistematis, yaitu memahami matematika, fisika, angka-angka, dan logika. Pola otak kiri cenderung runtut, penuh pertimbangan, taat asas, serta fokus pada efek dan perbandigan.
Sedangkan otak kanan mempunyai karakter kemampuan spasial, melukis, seni, bermusik, dan melamun. Suatu karya kreatif dan imajinatif merupakan hasil kerja dari otak kanan. Pola piker otak kanan cenderung spontanitas, penuh kebebasan. Dan tanpa aturan, sehingga terkesan pasif dan seadanya. Karena berdasarkan emosi dan intuisi, seseorang yang berpikir ala otak kanan berani mengambil keputusan dalam hidupnya dengan cepat.

Perbedaan  karakter otak kiri dan otak kanan secara rinci meliputi hal-hal berikut.
Karakter otak kiri
  • Proses Logis : Proses logis otak kiri yaitu mengambil sebagian demi sebagian informasi kemudian menyimpannya secara bersama-sama dalam sebuah jawaban yang logis.
  • Proses Linier : Otak kiri memproses informasi dari bagian kecil menuju bagian keseluruhan.
  • Proses Simbol : Otak kiri memproses informasi berdasarkan symbol dan gambar yang berkaitan dengan akademis, seperti huruf, kata, dan notasi matematis.
  • Proses Verbal : Otak kiri memproses ide dan pemikiran melalui kata-kata.
  • Memproses secara Sequential : Otak kiri memproses informasi secara sequential yaitu secara sistematis dan dalam urutan yang logis, sehingga informasi yang diterima akan diproses secara berurutan dari awal sampai akhir.
  • Memproses Data berdasarkan Realitas : Otak kiri lebih memfokuskan perhatiannya pada aturan dan tata cara.

Karakter otak kanan
  • Proses Nonverbal : Otak kanan memproses pikiran melalui ilustrasi
  • Proses Konkret : Otak kanan memproses sesuatu yang bisa dilihat atau diraba (nyata/konkret).
  • Proses Intuitif : Otak kanan memproses informasi berdasarkan perasaa, benar atau salah
  • Proses Random : Otak kanan memproses informasi yang diterima tanpa memperhatikan skala prioritas, sehingga sering melompat dari satu tugas ke tugas laiinya.
  • Proses Holistik : Otak kanan memproses informasi dari bagian keseluruhan menuju bagian-bagian kecil.
  • Proses yang berorientasi menggunakan Fantasi : Otak kanan mengolah informasi secara kreatif dan melibatkan faktor emosi.
Konon, dualisme otak inilah yang menjadikan manusia berpikir serba biner. Kiri-kanan, kalah-menang, rugi-laba, lambat-cepat, timur-barat, kecil-besar dan seterusnya. Meskipun begitu, kedua belahan otak ini bekerja beriringan dan saling mendukung.

Saleem Hardja Sumarna, Ledakkan Bisnismu dengan Mengaktifkan Otak Kanan, (Klaten: Cable Book, 2013) hal. 11-14

Sumber: http://blog.lookatme.co.id/author/admin/

No comments: